RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO…………………………….
SEKOLAH : …………………………………..
MAPEL : BAHASA INGGRIS
KELAS/ SMT : V (LIMA)/ II (DUA)
WAKTU : 3 x pertemuan (6 X 35 menit)
A. STANDAR KOMPETENSI
- Mendengarkan : Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah.
- Berbicara : Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah.
- Membaca : Memahami tulisan Bahasa Inggris sangat seederhana dalam konteks sekolah.
- Menulis : Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
1.2 Bercakap-cakap untuk memberi/ meminta barang/ jasa secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang.
1.3 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan do you mind… dan shall we..
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan kata, frasa, kalimat sangat sederhana dan teks sangat sederhana.
8.2 Menyalin dan menulis kalimat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang tepat seperti: ucapan selamat, ucapan terimakasih, dan ucapan simpati.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
2. Siswa mampu bercakap-cakap untuk memberi/ meminta barang/ jasa secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang.
3. Siswa mampu mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan do you mind… dan shall we..
4. Siswa mampu membaca nyaring dengan ucapan, tekanan dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan kata, frasa, kalimat sangat sederhana dan teks sangat sederhana.
5. Siswa mampu menyalin dan menulis kalimat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang tepat seperti: ucapan selamat, ucapan terimakasih, dan ucapan simpati.
D. MATERI BELAJAR
Vocabulary
Kosakata | Arti | Kosakata | Arti |
Food | Makanan | Drink/ beverage | Minuman |
Bread | Roti | Tea | Teh |
Rice | Nasi | Coffee | Kopi |
Noodle | Mie | Juice | Jus |
Potato | Kentang | Lemon water | Air lemon |
Cassava | Ketela | Milk | Susu |
Corn | Jagung | Syrup | Sirup |
Egg | Telur | Water | Air |
Soup | Sup | Fried rice | Nasi goreng |
Fried chicken | Ayam goreng | Meat | Daging |
Fish | Ikan | Porridge | Bubur |
| | | |
UNGKAPAN | JAWABAN | ||
Do you mind to take a cup of tea? Apakah kamu keberatan untuk mengambilkan secangkir kopi. | No, not at all. No, I don’t mind. Tidak, saya tidak keberatan sama sekali. | ||
Shall we have egg and rice for breakfast? | Sure (tentu) Why not (mengapa tidak?) Certainly (tentu) Off course (tentu) I’m sorry, I don’t like it. Maaf saya tidak menyukainya. | ||
Thank you for the lunch. Terimakasih untuk makan siangnya | You’re welcome Sama-sama |
To: Sakura
Thank you for the dinner. The food was delicious. Everything was great.
Naruto
E. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, three-phases technique. tanya jawab, tugas, demonstrasi
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan XIV
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam. b. Guru berdo’a bersama siswa. c. Guru mengabsen siswa. | 5 menit | |
2 | Kegiatan inti: a. Eksplorasi 1. Guru memberikan beberapa pertanyaan, seperti: - Sebutkan macam-macam makanan! - Sebutkan macam-macam minuman! - Apa makanan kesukaanmu? - Apa minuman kesukaanmu? b. Elaborasi 1. Guru menuliskan kosakata dan ungkapan tentang makanan dan minuman dalam bahasa Inggris. 2. Guru membacakan kosakaa; siswa menirukan setelah guru. 3. Siswa membuat dialog pendek berkaitan dengan ungkapan yang telah diberikan. 4. siswa mempraktekkan dialog di depan kelas. c. Konfirmasi 1. Guru memberi pujian kepada siswa. 2. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menhafalkan kosakata dan ungkapan yang telah diberikan. | 60 menit | Three-phases technique, ceramah, demonstrasi |
3 | Penutup: a. Guru memberikan nilai. b. Guru mengucapkan salam penutup. | 5 menit | |
| |||
Pertemuan XV | |||
1 | Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam pembuka. b. Guru berdo’a bersama dengan siswa. c. Guru mengabsen siswa. d. Guru melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya. | 10 menit | Tanya jawab |
2 | Kegiatan inti: a. Eksplorasi 1. Guru memberikan cerita bahwa ia diundang untuk makan malam. 2. Guru berpura-pura makan dan minum; siswa menebak makanan dan minuman yang dimakan/diminum guru. b. Elaborasi 1. Guru memberikan contoh kartu ucapan terimakasih dan selamat. 2. Guru bersama-sama dengan siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan kartu ucapan tersebut. 3. Guru memberikan berbagai ilustrasi kepada siswa dimana siswa diberi tugas untuk menulis kartu ucapan serupa. c. Konfirmasi 1. Guru memberikan pujian kepada siswa. 2. Guru menanyakan tentang bagian yang sudah dan belum dipahami siswa. | 55 menit | Three-phases technique, ceramah, bervariasi |
3 | Penutup: a. Guru memberikan penilaian. b. Guru mengucapkan salam penutup. | 5 menit | |
| | | |
| Pertemuan XVI | | |
1 | Pendahuluan: a. Guru mengucapkan salam. b. Guru berdo’a bersama dengan siswa. c. Guru mengabsen siswa. d. Guru melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya. | 10 menit | Tanya jawab |
2 | Kegiatan inti: a. Guru memberikan soal kepada siswa. b. Guru bersama-sama dengan siswa mencocokkan pekerjaan siswa.. c. Guru memberikan bimbingan pada siswa yang mendapat hasil kurang memuaskan. | 55 menit | |
3 | Penutup: a. Guru memberikan penilaian. b. Guru mengucapkan salam penutup. | 5 menit | |
G. SUMBER BELAJAR
1. Buku Mari Belajar Bahasa Inggris untuk kelas 5 SD.
2. LKS
3. Buku lain yang relevan
H. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Permainan
I. PENILAIAN
a. Indikator penilaian
1. ketepatan jawaban
2. pengucapan
3. keaktifan
4. keberanian
5. kejujuran
b. Teknik penilaian
1.Tes Lisan
2.Tes tertulis
c. Bentuk instrument
1. Lembar Pengamatan
2. Soal essay
3. Menjodohkan
d. Instrument
1. Lembar Pengamatan
No | Nama | Aspek yang dinilai | Jml | Rata-rata | |||
Pengucapan (1-25) | Keaktifan (1-25) | Ketepatan jawaban (1-25) | Kebera-nian (1-25) | ||||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
3 | | | | | | | |
Soal-soal
Listening
1. corn
2. fried rice
3. fried chicken
4. bread
5. noodle
6. truck
7. train
8. plane
9. ship
10. raft
Kunci jawaban
No | Jawaban | Skor |
I | 1. I ate rice 2. I ate egg 3. I eat bread 4. I eat an apple 5. I eat fish 6. I eat a sausage 7. I eat hotcakes 8. I drank tea 9. I drank water 10. I drank juice | 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 |
| Total skor | 100 |
II | Listening 1. corn 2. fried rice 3. fried chicken 4. bread 5. noodle 6. truck 7. train 8. plane 9. ship 10. raft | 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 |
| Total skor | 100 |
Mengetahui, Karangdadap, Oktober 2010
Kepala……………………… Guru Mata Pelajaran,
………………………………. ………………………………
NIP. NIP.
Comments
Post a Comment