Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran I
(RPP I)
Sekolah
: SMK N 1
Karangdadap
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
X / Genap
Materi Pokok : Recount Text
Alokasi Waktu : 30 Menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.7.Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa bersejarah sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
1) Siswa
mencontohkan penggunaan Simple Past Tense dalam teks recount dengan benar.
2) Siswa
menjawab pertanyaan terkait dengan bacaan.
|
4.7.1 Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait
peristiwa bersejarah.
|
Siswa menyebutkan
satu kalimat yang ada dalam historical
recount dengan Snow Ball throwing game.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Aspek Pengetahuan
1) Siswa
dapat mencontohkan kalimat simple past
tense yang ada dalam teks recount.
2) Siswa mampu menjawab pertanyaan terkait dengan
teks recount yang dibacanya.
Aspek
Keterampilan
Siswa
mampu menceritakan kembali isi teks
recount dengan snow ball throwing
game secara terampil.
D. Materi Pembelajaran
ü Struktur teks
Teks recount berisi tentang cerita perjuangan
pahlawan.
Mohammad Hatta was born in Fort De
Krock (now known as Bukittinggi) on 12 August 1902. He comes from a prominent
and strongly Islamic family. After his
early education, he studied in Dutch schools in the Dutch East Indies and
studied in the Netherlands from 1921 until 1932. He studied economics at the Rotterdam School of Commerce. He was
active in some organizations. He joined the Indonesian Independence Movement
and edited a journal, “Indonesia Merdeka." He was arrested in 1927 by the
Dutch colonialists. He had a court trial, but he was released. Hatta returned
to Sumatra in 1932 and he became the chairman of the Indonesia National
Education, a nationalist organization. He was arrested by the colonialists again
and exiled in 1935 for his activities.
Hatta, Soekarno, and other nationalist leaders decided to
cooperate with the Japanese government for the purpose of Indonesian
independence. So, on 17th of August 1945, Hatta and Soekarno joined in
proclaiming the independence of
Republic Indonesia. Soekarno became the
president, and Hatta became the vice president. Hatta became premier and
defense minister in 1948 to fight against the Dutch troops. Because of this, he
was imprisoned by the Dutch in 1948.
After Soekarno went down, Hatta returned to his governmental
position. He became an adviser of President Soeharto. Hatta
died on 14 March 1980 in Jakarta and was
buried in Jakarta's Tanah Kusir public cemetery. He was declared a
"Proclamation Hero" by the Suharto government in 1986.
ü
Unsur
kebahasaan
He was born
in Fort De Kock.
He studied in
Dutch schools in the Dutch East Indies.
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
approach
Metode : Cooperative
Learning
Teknik : Jigsaw
and Snow Ball Throwing
F.
Media dan Alat Pembelajaran
Media
ü Video
ü Powerpoint
Alat/Bahan
ü Laptop
ü LCD
ü Speaker
ü Bola kertas
ü Kertas
ü Makanan ringan
G. Sumber
Belajar
ü Buku Siswa Kelas X: Utami Widyati, dkk. 2014. Bahasa
Inggris X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Halaman 26-46
H. Langkah-langkah Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan (3 menit)
1) Siswa merespon salam dari
guru.
2) Siswa berdoa mengawali
kegiatan pembelajaran.
3) Guru memeriksa kehadiran
siswa.
4) Siswa mengetahui tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
b.
Kegiatan Inti (22 menit)
Observing
1) Siswa
menonton video trailler film ‘Merah Putih’.
2) Dengan
bimbingan guru, siswa menceritakan isi video secara singkat dan mengaitkannya
dengan pembelajaran yang akan berlangsung.
Experimenting
1) Guru
memberikan potongan kertas berisi paragraf dari teks recount yang akan dipelajari.
2) Siswa
mencari bagian paragraf yang lain dan kemudian menyusunnya menjadi teks yang
benar.
3) Guru
memberikan teks yang benar; kelompok siswa yang menyusun paragraf dengan benar
merayakan keberhasilannya.
4) Guru
membaca teks; siswa mengulang sesudah guru.
Questioning
Siswa
menanyakan hal-hal berkaitan dengan isi dan unsur kebahasaaan teks recount yang dibacanya.
Associating
Siswa
menjawab pertanyaan tentang teks recount
dengan cara memberikan potongan kertas berisi jawaban kepada guru. Siswa yang
menjawab dengan benar akan mendapat hadiah.
Communicating
Siswa mencontohkan
penggunaan kalimat simple past tense
dalam teks recount yang dibacanya.
Creating
Siswa menyebutkan
satu kalimat yang ada dalam cerita historical
recount dengan teknik snowball
throwing.
Ball
throwing game:
-
Guru memberi instruksi dan
contoh cara melakukan permainan dengan melempar bola kearah salah satu siswa.
Siswa tersebut menyebutkan satu kalimat teks recount. Kemudian, dia melempar bola pada siswa lain, dan
seterusnya.
-
Siswa yang tidak bisa
menyebutkan kalimat, mendapat hukuman menyanyi lagu Bahasa Inggris.
c.
Kegiatan penutup (5 menit)
1) Siswa dan guru bersama-sama
menyimpulkan materi yang dipelajari.
2) Siswa berdoa mengakhiri
pelajaran.
3) Guru mengucapkan salam
penutup.
H. Penilaian
1)
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian :
Tes Lisan
b.
Bentuk Instrumen : Reading Comprehension
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Siswa menjawab pertanyaan dari guru dengan jawaban yang benar.
|
Answer
the questions based on the text.
1.
Where was Muhammad Hatta
born?
2.
How long Hatta studied in
Netherland?
3.
Why was Hatta exiled in 1935?
4.
What was his position during
Suharto period?
5.
When did Muhammad Hatta die?
|
Pedoman Penilaian Pengetahuan
Ø Setiap
jawaban benar diberi skor 1
Ø Setiap
jawaban benar diberi skor 0
2)
Keterampilan
Keterampilan berbicara
a.
Teknik Penilaian :
Tes Lisan
b.
Bentuk Instrumen : Tes keterampilan berbicara
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Siswa terampil menceritakan teks recount
berdasarkan gambar.
|
I
will play a game called snow ball throwing. The one who gets the ball should mention
a sentence on the historical recount you have learned.
|
d.
Teknik :
Snow
ball throwing.
Pedoman
Penilaian Keterampilan
No.
|
Nama
Siswa
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
A
|
…
|
…
|
…
|
…
|
2.
|
B
|
…
|
…
|
…
|
…
|
3.
|
C
|
…
|
…
|
…
|
…
|
Keterangan:
Nilai
1 = Tidak bisa menyebutkan satu kalimat dalam recount text.
2 = Menyebutkan kalimat tetapi salah.
3 = Menyebutkan kalimat dengan benar.
Semarang, 18
Oktober 2016
Mengetahui
Instruktur Guru mata pelajaran
MUSYAFIAH
Comments
Post a Comment