Seminggu ini, para guru mengalami kegalauan yang amat sangat setelah melihat pengumuman nilai UKG ini.
Berbagai isu tersebar di luaran tentang pola sertifikasi guru terbaru ini, mulai dari biaya SG PPG yang akan ditanggung oleh peserta calon sertifikasi guru, sampai isu tentang tahapan yang akan ditempuh guru dalam SG PPG ini. Menurut info yang saya peroleh pada buku 1: Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru, PPG tahun ini akan beralur seperti gambar berikut:
Berbagai isu tersebar di luaran tentang pola sertifikasi guru terbaru ini, mulai dari biaya SG PPG yang akan ditanggung oleh peserta calon sertifikasi guru, sampai isu tentang tahapan yang akan ditempuh guru dalam SG PPG ini. Menurut info yang saya peroleh pada buku 1: Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru, PPG tahun ini akan beralur seperti gambar berikut:
Ternyata alurnya cukup panjang, penuh tantangan dan... (*tak kuasa lagi berkata-kata).
Maka, kuatkanlah hati anda wahai para calon peserta SG PPG. Dalam kurun waktu kurang lebih 1 semester, kita akan disuguhi kegiatan seperti berikut:
A. Kegiatan Workshop 1 dan PPL 1
Workshop 1 = 10 SKS (IN 1)
Penugasan di Sekolah (PPL1) (3 SKS) = 8 hari (10 JP per hari)
Workshop 1 = 10 SKS (IN 1)
7 SKS di LPTK = 20 hari (10 JP per hari)
PPL 1 = 6 SKS (ON 1)
6 SKS: 37 hari kerja (6 jam per hari)
B. Kegiatan Workshop 2 dan PPL 2
Workshop 2 = 12 SKS (IN 2)
9 SKS di LPTK = 25 hari (10 JP per hari)
PPL 2 = 8 SKS (ON 2)
8 SKS: 50 hari kerja (6 jam per hari)
Workshop 2 = 12 SKS (IN 2)
3 SKS Penugasan di Sekolah = 8 hari (10 JP per hari)
SerGur-PPGJ dilaksanakan untuk menghasilkan capaian pembelajaran (CP) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 7, dengan tujuan:
Maka, kuatkanlah hati anda wahai para calon peserta SG PPG. Dalam kurun waktu kurang lebih 1 semester, kita akan disuguhi kegiatan seperti berikut:
A. Kegiatan Workshop 1 dan PPL 1
Workshop 1 = 10 SKS (IN 1)
Penugasan di Sekolah (PPL1) (3 SKS) = 8 hari (10 JP per hari)
- Tagihan penugasan identifikasi problematika pembelajaran/ layanan di sekolah meliputi:
- analisis kesulitan dan kelemahan kinerja belajar siswa
- Perilaku/sikap belajar siswa
- Penguasaan materi
- Analisis kurikulum SK/KI dan KD
- Pendekatan/model/ metode pembelajaran
- Media pembelajaran
- Pengelolaan kelas
- Penilaian hasil belajar
- Analisis hasil penilaian
Workshop 1 = 10 SKS (IN 1)
7 SKS di LPTK = 20 hari (10 JP per hari)
- Pengembangan Konsep dan penerapan Techno Pedagogical Content Knowledge (TPACK).
- Pengembangan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK melalui penugasan individual
- Peer Teaching/Peer GC/Layanan TIK
- Penyusunan draft proposal PTK/Lesson Study/PTBK/PTTIK (akan difinalkan pada WS-2)
- Ujian tulis dengan 3 kali kesempatan ujian. Peserta yg lulus ujian tulis berhak mengikuti kegiatan berikutnya.
PPL 1 = 6 SKS (ON 1)
6 SKS: 37 hari kerja (6 jam per hari)
- Penerapan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK di sekolah masing-masing yang disupervisi oleh petugas yang ditunjuk.
- Diakhiri dengan ujian kinerja dengan penguji supervisor pendamping, diberi kesempatan 3 kali ujian.
Workshop 2 = 12 SKS (IN 2)
9 SKS di LPTK = 25 hari (10 JP per hari)
- Refleksi hasil penugasan identifikasi problematika pembelajaran/ layanan di sekolah melalui FGD
- Pengembangan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK melalui penugasan individual
- Peer Teaching/Peer GC/Layanan TIK
- Penyusunan proposal PTK/Lesson Study/PTBK/PTTIK (pengembangan dari draft proposal pada WS-1)
- Ujian tulis dengan 3 kali kesempatan ujian. Peserta yg lulus ujian tulis berhak mendapat sertifikat mengikuti kegiatan
PPL 2 = 8 SKS (ON 2)
8 SKS: 50 hari kerja (6 jam per hari)
- Penerapan perangkat pembelajaran atau perangkat layanan bagi guru BK dan TIK di sekolah masing-masing dengan supervisi oleh petugas yang ditunjuk.
- Praktek persekolahan (manajemen persekolahaan, pembinaan perpustakaan, partisipasi dalam kegiatan ekstra kurikuler, pembinaan OSIS, dll.)
- Pelaksanaan PTK/Lesson Study/PTBK/PTTIK
- Diakhiri dengan ujian kinerja dengan 2 penguji, yaitu asesor dari LPTK dan supervisor pendamping, diberi kesempatan 3 kali ujian
Workshop 2 = 12 SKS (IN 2)
3 SKS Penugasan di Sekolah = 8 hari (10 JP per hari)
- Tagihan penugasan identifikasi problematika pembelajaran/layanan di sekolah sama dengan kegiatan penugasan pada workshop 1
SerGur-PPGJ dilaksanakan untuk menghasilkan capaian pembelajaran (CP) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 7, dengan tujuan:
- seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran;
- seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk membentuk kepribadian yang berintegritas, taat regulasi, berjiwa gotong royong, memiliki etos kerja, dan semangat bela negara;
- seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk berkomunikasi, berinteraksi, serta beradaptasi di lingkungan sekolah dan masyarakat; dan
- seperangkat pengetahuan, sikap, keterampilan, dan tanggung jawab untuk menguasai struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang harus dimiliki, dihayati, dan diaktualisasikan oleh guru.
sumber: http://jetjetsemut.blogspot.co.id/
Comments
Post a Comment