A PLPG NOTE: CONTOH RPP PEER TEACHING PLPG

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran I
(RPP I)

Sekolah                          :  SMK N 1 Karangdadap
Mata Pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas / Semester          :  X / Genap
Materi Pokok                :  Recount Text
Alokasi Waktu                          :  30 Menit

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1       :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2       :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3       :    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4       :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7.Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya.
1) Siswa mencontohkan penggunaan Simple Past Tense dalam teks recount dengan benar.
2) Siswa menjawab pertanyaan terkait dengan bacaan.
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait peristiwa bersejarah.
Siswa menyebutkan satu kalimat yang ada dalam historical recount dengan Snow Ball throwing game.

C.       Tujuan Pembelajaran
Aspek Pengetahuan
1)     Siswa dapat mencontohkan kalimat simple past tense yang ada dalam teks recount.
2)      Siswa mampu menjawab pertanyaan terkait dengan teks recount yang dibacanya.
Aspek Keterampilan
Siswa mampu menceritakan kembali isi teks recount dengan snow ball throwing game secara terampil.

D.       Materi Pembelajaran
ü  Struktur teks
Teks recount berisi tentang cerita perjuangan pahlawan.
Mohammad Hatta was born in Fort De Krock (now known as Bukittinggi) on 12 August 1902. He comes from a prominent and strongly Islamic family. After his early education, he studied in Dutch schools in the Dutch East Indies and studied in the Netherlands from 1921 until 1932. He studied economics at the Rotterdam School of Commerce. He was active in some organizations. He joined the Indonesian Independence Movement and edited a journal, “Indonesia Merdeka." He was arrested in 1927 by the Dutch colonialists. He had a court trial, but he was released. Hatta returned to Sumatra in 1932 and he became the chairman of the Indonesia National Education, a nationalist organization. He was arrested by the colonialists again and exiled in 1935 for his activities.
Hatta, Soekarno, and other nationalist leaders decided to cooperate with the Japanese government for the purpose of Indonesian independence. So, on 17th of August 1945, Hatta and Soekarno joined in proclaiming the independence  of Republic  Indonesia. Soekarno became the president, and Hatta became the vice president. Hatta became premier and defense minister in 1948 to fight against the Dutch troops. Because of this, he was imprisoned by the Dutch in 1948.
After Soekarno went down, Hatta returned to his governmental position. He became an adviser of President Soeharto. Hatta  died on 14 March 1980 in Jakarta and was buried in Jakarta's Tanah Kusir public cemetery. He was declared a "Proclamation Hero" by the Suharto government in 1986.

ü  Unsur kebahasaan
He was born in Fort De Kock.
He studied in Dutch schools in the Dutch East Indies.

E.        Metode Pembelajaran
Pendekatan      :         Scientific approach
Metode             :         Cooperative Learning
Teknik              :         Jigsaw and Snow Ball Throwing

F.        Media dan Alat Pembelajaran
Media
ü  Video
ü  Powerpoint
Alat/Bahan
ü  Laptop
ü  LCD
ü  Speaker
ü  Bola kertas
ü  Kertas
ü  Makanan ringan

G.       Sumber Belajar
ü  Buku Siswa Kelas X: Utami Widyati, dkk. 2014. Bahasa Inggris X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Halaman 26-46

H.      Langkah-langkah Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan (3 menit)
1)       Siswa merespon salam dari guru.
2)       Siswa berdoa mengawali kegiatan pembelajaran.
3)       Guru memeriksa kehadiran siswa.
4)       Siswa mengetahui tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

b.      Kegiatan Inti (22 menit)

Observing
1)     Siswa menonton video trailler film ‘Merah Putih’.
2)     Dengan bimbingan guru, siswa menceritakan isi video secara singkat dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan berlangsung.

Experimenting
1)     Guru memberikan potongan kertas berisi paragraf dari teks recount yang akan dipelajari.
2)     Siswa mencari bagian paragraf yang lain dan kemudian menyusunnya menjadi teks yang benar.
3)     Guru memberikan teks yang benar; kelompok siswa yang menyusun paragraf dengan benar merayakan keberhasilannya.
4)     Guru membaca teks; siswa mengulang sesudah guru.



Questioning
Siswa menanyakan hal-hal berkaitan dengan isi dan unsur kebahasaaan teks recount yang dibacanya.


Associating
Siswa menjawab pertanyaan tentang teks recount dengan cara memberikan potongan kertas berisi jawaban kepada guru. Siswa yang menjawab dengan benar akan mendapat hadiah.

Communicating
Siswa mencontohkan penggunaan kalimat simple past tense dalam teks recount yang dibacanya.

Creating
Siswa menyebutkan satu kalimat yang ada dalam cerita historical recount dengan teknik snowball throwing.
Ball throwing game:
-     Guru memberi instruksi dan contoh cara melakukan permainan dengan melempar bola kearah salah satu siswa. Siswa tersebut menyebutkan satu kalimat teks recount. Kemudian, dia melempar bola pada siswa lain, dan seterusnya.
-     Siswa yang tidak bisa menyebutkan kalimat, mendapat hukuman menyanyi lagu Bahasa Inggris.

c.       Kegiatan penutup (5 menit)
1)     Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi yang dipelajari.
2)     Siswa berdoa mengakhiri pelajaran.
3)     Guru mengucapkan salam penutup.

H.      Penilaian
1)     Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian             : Tes Lisan
b.      Bentuk Instrumen          : Reading Comprehension
c.       Kisi-kisi                            :


No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Siswa menjawab pertanyaan dari guru dengan jawaban yang benar.
Answer the questions based on the text.
1.   Where was Muhammad Hatta born?
2.   How long Hatta studied in Netherland?
3.   Why was Hatta exiled in 1935?
4.   What was his position during Suharto period?
5.   When did Muhammad Hatta die?

Pedoman Penilaian Pengetahuan
Ø  Setiap jawaban benar diberi skor 1
Ø  Setiap jawaban benar diberi skor 0

2)     Keterampilan
Keterampilan berbicara
a.       Teknik Penilaian             : Tes Lisan
b.      Bentuk Instrumen          : Tes keterampilan berbicara
c.       Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Siswa terampil menceritakan teks recount berdasarkan gambar.
I will play a game called snow ball throwing. The one who gets the ball should mention a sentence on the historical recount you have learned.

d.      Teknik     :
Snow ball throwing.



Pedoman Penilaian Keterampilan
No.
Nama
Siswa
Nilai
1
2
3
4
1.
A
2.
B
3.
C

Keterangan:
Nilai
1        =  Tidak bisa menyebutkan satu kalimat dalam recount text.
2        =  Menyebutkan kalimat tetapi salah.           
3        =  Menyebutkan kalimat dengan benar.    

                                    Semarang, 18 Oktober 2016
Mengetahui
Instruktur                                                                              Guru mata pelajaran



                                                                                                MUSYAFIAH

Comments