Kegiatan Temu Pendidik (Mudik #4) KGB Pekalongan


Hari Jum'at lalu, tepatnya pada tanggal 14 April 2017, ada event menarik yang diadakan oleh Komunitas Guru Belajar Pekalongan. Event tersebut biasa disebut Mudik, kepanjangan dari Temu Pendidik. 

Pada pagi yang agak mendung itu, ada tiga narasumber yang hadir untuk berbagi berbagai pengalaman mengajarnya di kelas. Yang pertama adalah Bapak Edi Susilo, yang akrab dipanggil Pak Edus. Pak Edus adalah seorang guru Prakarya dari SMA N 1 Pekalongan. Beliau membagikan berbagai teknik tentang fotografi dan bagaimana fotografi diaplikasikan dalam pembelajaran. Untuk materi fotografi yang beliau sampaikan dapat diunduh melalui link INI.




Narasumber yang kedua adalah Bapak Niamil Hida, yang merupakan kepala sekolah MI Kranji 01 yang mengusung jargon "Sekolahnya Manusia". Beliau menceritakan tentang pengalaman beliau mengubah kelemahan menjadi kelebihan. Salah satu cerita yang beliau sampaikan adalah tentang pengalaman salah mengambil jurusan hingga menemukan rumusan untuk lebih memanusiakan peserta didik. Selain itu, beliau juga membagikan cara untuk menarik perhatian siswa seperti dalam kegiatan "Outbound Calistung".



Last but not least, narasumbernya adalah saya sendiri. Saya berbagi tentang game dan kegiatan untuk pembelajaran bahasa Inggris. Game yang pertama adalah "Do you like your neighbor?" yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran Yes-No Question atau untuk ice breaking. Kegiatan yang kedua adalah menggambar emosi, yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan perkenalan di awal tahun atau untuk pembelajaran materi Expressing Feeling. Kemudian dilanjutkan dengan menulis puisi bahasa Inggris sederhana bernama "My Bio Poem." 


Comments