Mencoba Quizziz di Kelas

Bergabung dalam sebuah komunitas yang bernama KGB (Komunitas Guru Belajar) membuat saya lebih cepat mendapatkan cara-cara mengajar atau teknologi terbaru yang dapat diterapkan di kelas. Kali ini, saya akan bercerita tentang quizziz, sebuah tes online yang mirip dengan game. 



Pertama kali tahu tentang quizziz ini saat menonton kelas Pak Bagus saat TPN, yang di share facebook Kampus Guru Cikal. Tak lama kemudian, teman-teman KGB rame membahas ini di grup. Maka, saya yang memang dasarnya suka melakukan hal baru, terutama yang berkaitan dengan siswa dan cara mengajar di kelas, langsung cuss mencoba membuat akun di quizziz. Awal buka quizziz, saya pikir gak beda jauh dengan Edmodo atau Quipper. Sampai akhirnya, saat teman-teman KGB rame mainan quizziz dan share di grup WA, saya pun tertarik untuk mencoba masuk ke kuis yang dibuat Pak Rizqi, dan Wow ternyata asyik banget quizziz ini. 

Tak berapa lama, saat ulangan di kelas XII AP 1, yang kebetulan dilakukan di ruang KKPI 3, saya pun coba quizziz. FYI, di ruang ini tersedia komputer dan jaringan internet. Alhamdulillah, respon siswa positif dan pada nagih soal. Seneng banget bisa mengadakan ulangan yang menyenangkan untuk siswa.

Saat saya tanya pendapat mereka tentang quizziz jawabannya, "Menyenangkan Bu, tapi sekaligus memumetkan."Kurangnya si, pas saya buat soal kurang memperhatikan pengaturan waktu sehingga soal muncul dalam waktu yang singkat. Kedepannya harus lebih teliti nih supaya lebih berdampak maksimal. 


So, para guru... Quizziz ini rekomended banget deh dipake di kelas. Siswa pasti suka....

Nah..Sekarang saya akan share cara untuk join quizziz.
1. Untuk guru
   a. Buka https://quizizz.com/
 b. Klik sign up untuk mendaftar. Kita bisa menggunakan akun yang sudah ada yang bisa nge link langsung. Saya menggunakan akun google(email).
  c. Untuk mulai membuat soal klik "create a quiz". Bisa klik import from file atau menulis soal dan pilihan jawaban secara manual.

2. Untuk Siswa
  a. Buka https://quizziz.com/
  b. Klik "join a game"
  c. Masukkan kode games yang didapat dari guru. Klik "proceed."



Comments