Camp SOAR 3 (Student-centered, Open-minded, Active, Reflective)


Camp SOAR 3 (Student-centered, Open-minded, Active, Reflective) merupakan program pengembangan diri bagi guru bahasa Inggris yang memiliki pengalaman mengajar 5-10 tahun di sekolah menengah. Program tersebut diadakan oleh RELO (Regional English Language Office). Tahun 2019 ini, merupakan tahun ketiga camp diadakan. Kegiatan berlangsung sejak 2-12 Januari 2019 di Plagoo Holiday Hotel, Nusa Dua, Bali. Peserta tahun ini adalah 40 guru bahasa Inggris yang berasal dari berbagai pulau di Indonesia dan Timor Leste. 

Registrasi dibuka bulan November 2018 lalu, terakhir pendaftaran tanggal 19 November 2018 jam 16.00 dengan melengkapi aplikasi secara online, tentunya dengan menyertakan reference dari kepala sekolah. 

Fokus kegiatannya adalah meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan reflektif sehingga guru dapat mempraktekkan kegiatan pembelajaran yang aktif dan berpusat pada siswa. Berbagai materi diberikan dalam kegiatan ini, seperti interractive teaching, critical thinking, authentic material, language assessment, lesson planning, digital technology termasuk kegiatan microteaching. 

Yang berbeda dengan kegiatan pelatihan guru yang lain adalah atmosfer yang menyenangkan dan kasual. Biasanya kegiatan pelatihan guru bersifat resmi dan materinya lebih banyak yang serius. Namun, di camp ini, kegiatan ice breaking dan fun porsinya lebih banyak sehingga peserta tidak jenuh. 

Comments